Oleh: Hendra | 27 Maret 2012

AKSI-AKSI TOLAK KENAIKKAN BBM

rakyatmerdekaonline.com, (Senin, 12/3), minimal, aksi akan dilakukan di 20 titik. Yaitu di Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Makasaar, Medan, Jambi, Folres, kendari, Cianjur, Majalengka, Ciamis, Banjarmasin, Batam, Bogor, Palu, Tanjung Pinang, dan lain-lain.

“Mahasiswa telah bersatu, tidak dalam forum dan kata-kata, tapi aksi serentak di berbagai kota. Mahasiswa bersatu menentang SBY,” kata Ketua Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Lamen Hendra Saputra, beberapa saat lalu (Senin, 12/3).

Surabaya – Ratusan buruh mulai melakukan aksinya menolak kenaikan BBM bergabung dengan massa dari PDIP yang berkumpul di Monumen Kapal Selam (Monkasel) Jalan Pemuda Surabaya.

Dari pantauan detiksurabaya.com, ratusan buruh mengendarai sepeda motor sambil membawa bendera berbagai warga. Para buruh melintas di Jalan Gubernur Suryo, Yos Sudarso hingga depan Monkasel. Saat tiba di Monkasel mereka disambut dengan yel-yel dari massa.

“Tolak kenaikan BBM,” teriak salah satu massa di lokasi, Selasa (27/3/2012).

Arus lalu lintas pun merambat, karena sebagian massa sudah memenuhi sebagian badan jalan. Hingga pukul 09.20 WIB, massa masih terus berdatangan dan bergabung dengan massa lainnya.
Rencananya, para buruh ini akan bergabung dengan massa yang terlebih dulu melakukan aksi di depan Gedung Negara Grahadi.

news.detik.com, Makassar Sekitar seratus buruh se-Makassar yang menamakan diri Front Oposisi Rakyat (FOR) Indonesia berunjuk rasa di bawah kolong fly over Urip Sumoharjo, Makassar, Selasa (27/3/2012), untuk menolak kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM.

Dalam aksinya, massa buruh membakar boneka bertopeng Presiden SBY yang tingginya sekitar 2 meter dan sejumlah ban bekas. Pembakaran boneka SBY ini memancing perhatian para pengguna jalan.

Selain pembakaran boneka SBY, massa buruh juga bergiliran membacakan sajak-sajak karya Wiji Thukul di atas badan mobil pick up yang dijadikan mimbar orasi.

Menurut Koordinator aksi FOR Indonesia, Askin, massa buruh membakar boneka SBY sebagai simbol Presiden Indonesia yang menjadi boneka kaum imperialisme. Kebijakan kenaikan BBM dinilai oleh massa buruh sebagai instruksi dari para imperialisme yang menjajah perekonomian Indonesia.

“SBY merupakan boneka dari para imperialisme, kebijakan kenaikan harga BBM hanya menyengsarakan rakyat Indonesia dan menguntungkan perusahaan minyak asing, pemerintah harus menasionalisasi industri minyak yang dikuasai pihak asing,” ujar Askin.

Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari ratusan personel polisi, yang terdiri dari Pasukan Brimob Polda Sulselbar, Patroli Motor Polrestabes dan puluhan Polwan.

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, kepala daerah atau wakil kepala daerah yang turut serta dalam aksi unjuk rasa menentang kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bisa dihentikan.

Penentangan kepala daerah atau wakil kepala baik, baik itu gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota dan wakil wali kota, dianggap melanggar sumpah jabatan yang termaktub dalam UU 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

“Sumpah jabatan kepala daerah, antara lain, patuh pada peraturan dan perundang-undangan. Kalau ada undang-undang, keppres, peraturan pemerintah yang mengatur soal itu (kenaikan BBM), apa boleh mereka tidak setuju? Kalau melanggar sumpah, bisa diberhentikan,” kata Gamawan kepada para wartawan di Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Senin (26/3/2012).

Menurut Gamawan, kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi, ketika telah diundang-undangkan, seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah harus mendukungnya. Hal ini terlepas apakah mereka anggota partai politik atau tidak.

“Ketika sudah menjadi kepala daerah, dia menjadi bagian dari sistem penyelenggaraan pemerintahan nasional. Dengan demikian, dia harus tunduk pada keputusan-keputusan tingkat nasional,” kata Gamawan.

“Jadi, jangan ada perbedaan antara kebijakan nasional dengan kebijakan kepala daerah. Kebijakan nasional harus ditaati oleh semua kepala daerah. Saya sudah membuat edaran tentang hal ini kepada seluruh daerah,” kata Gamawan.

Gamawan juga mengatakan, dirinya telah mendengar adanya wakil kepala daerah yang ikut aksi unjuk rasa. Terkait hal ini, dirinya telah memberikan peringatan kepada yang bersangkutan. Ketika ditanya siapa wakil kepala daerah itu, Gamawan enggan mengungkapkannya.

Seperti diwartakan, Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, dengan masih berbaju dinas, ikut pada aksi unjuk rasa penolakan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak yang berlangsung tak jauh dari Gedung Balaikota Solo.

Tak hanya menyaksikan demo, Hadi pun sempat menyampaikan orasi. Hadi menegaskan dirinya turut menolak kenaikan harga BBM. “Aksi menolak BBM diharapkan tidak menjadi ajang mencari popularitas, dan kami yakin kenaikan BBM akan menyengsarakan rakyat,” katanya.

 


Responses

  1. ikut deh dukung bbm ga naik


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: